Masuk

Ingat Saya

Pemuda Dan Mencegah Terorisme Dengan Berkomunitas

Pasal 28 UUD 1945 berbunyi “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan Undang-undang”

Indonesia adalah negara yang sangat toleran, sangat menghargai hak-hak orang lain dalam menyuarakan pendapatnya. Tapi sebagian masyarakat Indonesia yang terpengharuh oleh kekuatan asing mulai menyebarluaskan faham-faham yang mulai mengusik rasa toleransi dalam kehidupan masyarakat.

Hal ini juga diperparah dengan mulai diperalatnya sebagian pemuda yang notabene adalah pelanjut tongkat estafet kepemimpinan Indonesia sebagai penerus faham-faham berbahaya tersebut. Faham-faham yang membuat para pemuda semakin jauh dari nilai-nilai pancasila, nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Kaum muda ini yang awalnya sudah sangat labil apabla terus di cecoki oleh faham-faham berbahaya tersebut akan semakin menjadi ancaman bagi Indonesia.
Untunglah beberapa tahun terakhir ini beberapa pemuda kreatif bersatu padu mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan pemuda lainnya yang akhirnya membentuk suatu komunitas. Komunitas-komunitas tersebut menjadi wadah pemuda-pemuda yang dulunya tidak mempunyai kegiatan yang terarah, perlahan-lahan membuat kegiatan-kegiatan bersama masyarakat. Komunitas-komunitas yang awalnya hanya sebuah hobi akhirnya mampu menyita waktu dari pemuda-pemuda agar terhindar dari faham-faham berbahaya tersebut.

Tidak hanya menghindarkan dari faham-faham berbahaya, berkomunitas juga mampu menumbuhkan semangat cinta tanah air. Seperti pemuda yang bergabung di komunitas pejalan akan sering untuk jalan ke daerah-daerah mengenal adat istiadat daerah setempat dan nantinya akan meyebarluaskan hal-hal indah tentang Indonesia kepada pemuda ataupun negara lain. begitupun dengan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan, yang mampu mengajar adik-adik yang berada jauh di daerah terluar Indonesia

Jadi bagi teman-teman yang mempunyai banyak waktu luang tapi tidak mempunyai kesibukan lain, marilah bergabung dengan komunitas kreatif yang ada di kotamu. Kalau di kotamu tidak ada komunitas kreatif, mulailah langkah pertama untuk mewujudkan hal tersebut. Carilah teman-teman sehobi dan mulailah berbuat sesuatu untuk Indonesia

1400219863920

Salam dari Bumi Anging Mammiri berhembus
#DamaiDalamSumpahPemuda

Dengan